Manfaat Biokimia

Biokimia merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari mekanisme reaksi dari makhluk hidup. Ilmu kimia tentunya memiliki peranan yang sangat penting karena cakupan materinya mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup mulai dari organisme sederhana sampai kompleks. Manusia merupakan organisme kompleks. Bahasan mengenai sistem reaksi kimia dalam manusia sangat menarik sehingga ilmu ini sangat penting karena dengan mempelajari ilmu ini, kita dapat mengetahui tentang diri kita sendiri dengan penjelasan ilmiah.

Tujuan mempelajari biokimia adalah untuk mempelajari hal kimia yang mendasari fenomena biologis. Dalam bahasannya, biokimia menyajikan proses bagaimana makhluk hidup itu melangsungkan kehidupannya dan bertahan hidup dengan proses kimia yang terjadi dalam tubuh. Makhluk hidup itu bernafas, bergerak, bereproduksi, makan dan minum dan juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya. Bagaimana makhluk hidup dapat melakukan proses itu sedangkan benda mati tidak? Makhluk hidup tersusun atas substansi hidup yang disebut protoplasma sedangkan benda mati tidak. Proses yang paling membedakan organisme dengan benda mati adalah kemampuan reproduksi. Untuk semua makhluk hidup, sel merupakan pusat kegiatan dan sel merupakan kesatuan dasar untuk bereproduksi.

Biokimia mendeskripsikan stuktur, organisasi, dan fungsi dalam molekul makhluk hidup. Adapun prinsip ilmu biokimia adalah mempelajari stuktur kimia dari komponen mahluk hidup dan hubungan antara struktur kimia dengan fungsi biologis, mempelajari metabolisme yaitu keseluruhan reaksi kimia dalam mahluk hidup, mempelajari proses kimia dan substansi yang menyimpan dan mengirimkan informasi biologis, serta molekul genetis (sifat keturunan).

Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu biokimia juga mengalami perkembangan. Perkembangannya itu menjalar ke hampir semua bidang yaitu kedokteran, farmasi, pertanian, dan memberikan perkembangan kemajuan dalam ilmu biologi. Sebagai conton biokimia mempunyai peranan dalam memecahkan masalah gizi, penyakit-penyakit akibat dari kurang gizi terutama pada anak-anak. Dalam bidang farmakologi dan toksikologi. Obat-obatan biasanya mempengaruhi jalur metabolik tertentu, misalnya antibiotik penisilin dapat membunuh bakteri dengan menghambat pembentukan polisakarida pada dinding sel bakteri.

Dalam bidang pertanian, biokimia berperan dalam meneliti mekanisme kerja pestisida tersebut sehingga dapat meningkatkan selektivitasnya sehingga dapat mencegah dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Dalam bidang kesehatan, dapat memahami tubuh sehingga mampu menjaga kesehatan dan dapat melakukan penanganan suatu penyakit secara efektif. Contohnya adalah seperti yang ditulis oleh Prof. Dr. Hiromi Shinya dalam buku Miracle of Enzyme mengatakan bahwa enzim itu memiliki peranan penting dalam hidup. Setiap tubuh manusia sudah diberi “modal” oleh alam bernama enzim-induk dalam jumlah tertentu yang tersimpan di dalam “lumbung enzim-induk” . Enzim-induk ini setiap hari dikeluarkan dari “lumbung”-nya untuk diubah menjadi berbagai macam enzim sesuai keperluan hari itu. Semakin jelek kualitas makanan yang masuk ke perut, semakin boros menguras lumbung enzim-induk. Mati, menurut dia, adalah habisnya enzim di lumbung masing-masing. Maka untuk bisa berumur panjang, awet muda, tidak pernah sakit, dan langsing haruslah menghemat enzim-induk itu.

Penjelasan diatas merupakan contoh dari manfaat ilmu biokimia walaupun sebenarnya bukan hanya biokimia yang berperan disitu. Disana ada ilmu kedokteran, biologi, farmakologi, pertanian yang semuanya saling bersinergi karena kaitan pelajaran mereka masih sama yaitu membahas mengenai makhluk hidup hanya saja kajian dan fokus masalah mereka berbeda. Hanya saja cakupan biokimia cukup luas karena membahas mengenai semua makhluk hidup. Mempelajari mekanisme reasinya mulai dari organisme terkecil hingga kompleks.

Jadi, sebenarnya ilmu kimia itu asyik walaupun susah. Tidak heran jika dalam ilmu exact science, kimia sering dijuluki sebagai king of science. Saya sendiri orangnya bukanlah orang pintar kimia. Tapi karena kimia itu menarik, sehingga diperguruan tinggi saya mengambil jurusan kimia. Alhamdulillah, dari belajar ilmu kimia, banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan mengenai sains. Salah satunya dari cabang imu kimia yaitu biokimia. Bagi anda yang tidak suka kimia, berusahaah menyukai pelajaran ini karena kimia itu asyik ^^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s