10 UNIVERSITAS TERBAIK DUNIA 2011

berikut ini adalah daftar 10 Universitas terbaik dunia berdasarkan survei top universitas World University Rangking 2010 oleh QS World. Ternyata hasil survei tahun 2010/2011 ini oleh QS World cukup mengagetkan saya. karena posisi pertama bukan lagi Harvard (cuz masalahnya selama ini Harvard selalu juara bertahan), tapi…

untuk itu langsung saja mari kita lihat 10 Universitas terbaik dunia versi QS World !!!

Cekidoott….


1. Universitas of Cambridge

Universitas Cambridge (Inggris: Cambridge University; Latin: Universitas Cantabrigiensis) adalah universitas kedua-tertua di dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya. Sekolah Tinggi terkenal dan bangunan Universitas menarik pengunjung dari seluruh dunia. Universitas ini mempunyai museum kampus yang memiliki banyak koleksi yang memberikan wawasan dan baik untuk studi ilmiah.
Afiliasi dari Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobelm lebih banyak dari universitas lain di dunia . Reputasi untuk prestasi akademis yang luar biasa dikenal di seluruh dunia dan mencerminkan pencapaian intelektual mahasiswa, serta penelitian kelas dunia asli yang dilakukan oleh staf dari Universitas dan Kolese. Reputasinya didukung oleh Quality Assurance Agency dan oleh peninjau eksternal lain belajar dan mengajar, seperti Penguji Eksternal.
Standar-standar tinggi adalah hasil dari kedua kesempatan belajar yang ditawarkan di Cambridge dan oleh sumber daya yang luas, termasuk perpustakaan, museum dan koleksi lainnya. Pengajaran terdiri tidak hanya dari kuliah, seminar dan kelas praktis dipimpin oleh orang yang ahli di bidang dunia mereka, tetapi juga mengajar lebih personal diatur melalui Colleges. Ada banyak kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dengan ulama dari semua tingkatan, baik secara formal dan informal.
Cambridge merupakan universitas sebagai pusat inovasi dan teknologi. Selain koleksi yang dipajang di perpustakaan Universitas & museum, ada banyak kegiatan olahraga dan budaya di Universitas Cambridge, sebagian besar diselenggarakan oleh klub individu dan masyarakat yang dijalankan oleh staf dan mahasiswa. Meskipun Universitas tidak menawarkan kursus seni kreatif atau olahraga, ada tradisi kuat prestasi di bidang ini, dengan banyak mantan siswa terjadi untuk mendapatkan berdiri internasional sebagai seniman, artis dan atlet. Inisiatif memastikan bahwa calon pemain memperkaya pendidikan mereka dengan tingkat tinggi aktivitas di luar kuliah.
Biaya kuliah universitas ini cukup murah dibandingkan universitas kelas dunia lainnya yaitu $5.596 per tahun atau setara dengan Rp 55.960.000,- namun sayangnya, sama seperti Oxford untuk masuk di Universitas ini sangatlah susah karna memiliki sistem kompetisi yang sangat ketat.

2.Universitas Harvard


Survei tahun sebelumnya, Harvard masih menduduki peringkat pertama, tetapi tahun 2010/2011, kayaknya peruntungan itu tidak lagi berpihak pada harvard. Tetapi saya tetap kagum ma ini universitas, score mereka cuma beda tipis aja dengan cambridge.
Pasti semuanya hampir  tau niih soal universitas Harvard. Apalagi mereka yang dah nonton love story in Harvard (hahahaha). Universitas Harvard adalah salah  satu  universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia.  Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge
Uang kuliah disana yaitu $32.097/tahun atau setara dengan Rp 320.970.000. (Waduuuh…mahalnya…)
Fakultas yang ada disana  ada 9 yaitu:
  •  Seni dan SAINS
  •  Kedokteran,
  • Agama (Teologi)
  • Hukum
  • bisnis
  • Harvard Graduate School of Design
  • Harvard Graduate School of Education Harvard School of Public Health
  • Kennedy School of Government 

3.  Yale University

 

Universitas Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut. Didirikan pada 1701 sebagai Collegiate School, Yale adalah institusi pendidikan tinggi ketiga tertua di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki banyak penerima Penghargaan Nobel dan Presiden Amerika Serikat, termasuk William Howard Taft, Gerald Ford (LL.B), George H.W. Bush (BA), Bill Clinton (JD), dan George W. Bush (BA). Penerimaan akademiknya adalah AS$12,7 miliar yang merupakan kedua terbesar di dunia (di belakang saingan besarnya, Universitas Harvard).
Yale menekankan pengajaran prasarjana yang tidak umum dibandingkan dengan universitas riset lainnya. College prasarjananya merupakan salah satu yang paling pemilih di Amerika Serikat, hanya menerima kurang dari 10% pendaftar, dan telah menciptakan lebih banyak penerima beasiswa Rhodes daripada institusi lainnya, dengan pengecualian Harvard. Mahasiswa prasarjana tinggal di sistem tempat tinggal college yang unik. Sekolah sarjana Yale termasuk program drama, musik, arsitektur, dan kedokteran. Sekolah Hukum Yale merupakan salah satu yang paling pemilih di Amerika Serikat, dan telah meluluskan beberapa Presiden AS dan anggota Mahkamah Agung. Keseluruhannya, universitas ini memiliki lebih dari 3000 anggota fakultas, di antaranya adalah Profesor Sterling yang dianggap sebagai peringkat tertinggi.
Yale merupakan salah satu dari delapan anggota Liga Ivy (Ivy League). Persaingan di antara Yale dan Harvard bersejarah panjang; dari bidang akademis hingga berdayung hingga football, kompetisi mereka serupa dengan antara Oxford dan Cambridge.
Biaya kuliah universitas ini adalah $31.460 pertahun atau Rp. 314,600,000,-
4. UCL (University College London)
 
UCL (University College London) merupakan peringkat universitas terbaik keempat di Peringkat Universitas Dunia sejak tahun 2009 hingga sekarang. UCL adalah universitas multidisiplin dengan reputasi internasional untuk kualitas penelitian dan pengajaran di seluruh spektrum akademik, dengan mata pelajaran mencakup ilmu-ilmu, seni, ilmu sosial dan biomedis. Pada tahun 2008 Research Assessment Exercise (RAE) UCL dinilai universitas penelitian terbaik di London, dan ketiga di Inggris secara keseluruhan, untuk jumlah pengiriman yang yang dianggap kualitas terdepan di dunia. Universitas ini terletak di sebuah situs kompak di jantung kota London dan dikelilingi oleh konsentrasi terbesar perpustakaan, museum, arsip, lembaga budaya dan badan-badan profesional di Eropa.
5. Massachusetts Institute of Technology (MIT) 
 
Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technology atau MIT), adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT memiliki 5 sekolah dan satu kolese, mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi. idirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain sepertimanajemen, ekonomi, manajemen, ilmu politik, dan biologi.
MIT merupakan pemimpin dalam sains dan teknologi, dan juga banyak bidang lainnya, termasuk manajemen, ekonomi, linguistik, ilmu politik, dan filosofi. 59 dari anggota sekarang atau dahulu dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel. 
Biaya kuliah $32.300 per tahun atau Rp. 323,000,000,-
6. University of Oxford
 
Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris. Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan Universitas Cambridge. Kedua universitas ini sejak itu telah saling bersaing satu sama lain, dan merupakan perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya. 
Biaya kuliahnya adalah $ 5.599 per tahun atau setara Rp. 55.990.000,-
7. Imperial College London
Imperial College London (resmi Imperial College of Science, Teknologi dan Kedokteran sebagai judul dalam Piagam Royal) adalah sebuah universitas Inggris di London yang mengkhususkan diri dalam ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan bisnis.
Imperial secara teratur ditempatkan di tiga teratas di Tabel Liga Nasional Universitas Times, bersama dengan Oxford dan Cambridge. Imperial ditempatkan 5 keseluruhan di dunia pada 2008 THES – QS Peringkat Universitas Dunia universitas di seluruh dunia, dan 27 di dunia oleh Shanghai Jiao Ranking Akademik Universitas Tong Dunia.
Kampus utama Imperial terletak di South Kensington di pusat kota London, pada batas antara Royal Borough Kensington dan Chelsea dan Kota Westminster, dengan pintu masuk depan di Jalan Pameran. Sebelumnya sebuah perguruan tinggi konstituen dari University of London, Imperial menjadi independen dari universitas pada tanggal 8 Juli 2007, 100 tahun pendiriannya.
8. University of Chicago
 
The University of Chicago atau Universitas Chicago (biasanya disebut sebagai Chicago atau UChicago) adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890; William Rainey Harper menjadi presiden atau rektor pertama pada tahun 1891 dan kelas-kelas pertama diadakan pada tahun 1892.
 
9. California Institute of Technology (Caltech)
California Institute of Technology atau Caltech adalah sebuah universitas swasta yang terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat. Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik. Caltech memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa “autonomous” yang memimpin di dunia dikenal dengan Jet Propulsion Laboratory. JPS mengamati desain dan operasi dari banyak penjajakan luar angkasa NASA; tidak seperti “National Laboratories” (Laboratorium Nasional AS) dan Pusat Luar Angkasa NASA lainnya, fasilitas JPS hanya dalam kontrak ke pemerintah.
Biaya kuliah universitas ini adalah  $27.309 per tahun atau Rp. 273,090,000,-
10. Princeton University
 
Universitas Princeton, terletak di Princeton, New Jersey, adalah institusi pendidikan tinggi tertua keempat di Amerika Serikat. Salah satu universitas terkemuka di negara tersebut, Princeton memiliki bidang arsitektur, teknik, dan urusan internasional dan publik baik prasarjana maupun sarjana yang terkenal. Riset dijalankan di banyak bidang, termasuk fisika plasma dan propulsi jet. Universitas ini berhubungan dengan Brookhaven National Laboratories.
Perpustakaan Harvey S. Firestone Library (dibuka 1948) dan museum seni menyimpan koleksi yang luar biasa. Dia didirikan sebagai College of New Jersey pada 1746, dan awalnya terletak di Elizabeth, New Jersey. Sekolah ini kemudian pindah ke Princeton pada 1756, masih dengan nama awalnya. Namanya kemudian resmi diganti “Princeton University” pada 1896.
Sebagai universitas riset, berusaha untuk mencapai tingkat tertinggi dari perbedaan dalam penemuan dan transmisi pengetahuan dan pemahaman, dan dalam pendidikan mahasiswa pascasarjana. Pada saat yang sama, Princeton yang khas antara universitas penelitian dalam komitmennya untuk mengajar sarjana.
Universitas ini memberikan siswa dengan akademik, sumber daya ekstrakurikuler dan lainnya – dalam komunitas perumahan komitmen pada keanekaragaman dalam tubuh mahasiswa fakultas, dan staf – yang membantu mereka mencapai pada tingkat akademis tertinggi dan mempersiapkan mereka untuk posisi kepemimpinan dan kehidupan layanan di banyak bidang usaha manusia. Melalui beasiswa dan pengajaran fakultas, dan banyak kontribusi untuk masyarakat alumninya, Princeton berusaha untuk memenuhi moto informal: “Princeton in the Nation’s Service and in the Service of All Nations.”

Sumber: http://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2010

6 comments on “10 UNIVERSITAS TERBAIK DUNIA 2011

    • Menurut saya universitas paling top didunia adalah universitas Muhammadiyah, karena Nabi Muhammad.SAW adalah manusia paling mulia dan paling topdiseluruh dunia dan akhirat.

      • bisa juga seandainya bahasan artikel saya universitas terbaik dunia akhirat..
        hehehe
        siapa tau anda yang mau nulis, silahkaan…
        ditunggu tulisannya nanti
        🙂

    • hehehehe
      amiiin…..
      bisa kok kesananya asal kamu punya tekad kuat, usaha bulat dan doa manjur, insya Allah dapat terwujud.
      manjadda wa jaddah..
      Billahi fisabilhaq fastabiqul khairat 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s