Mari Berbuat Jujur……

Sungguh sangat disayangkan untuk negara Indonesia yang katanya “beragama, berbudaya, menjunjung tinggi hukum dan norma”  ternyata negara ini sekarang mengalami bencana moral yang amat besar yaitu punahnya kejujuran dalam masyarakat.

Kita semua tahu negeri ini termasuk salah satu negara terkorup di dunia. selain itu, tindak kecurangan sangat sering terjadi. misalnya saja pada UN, SNMPTN, CPNS saja masih minta bantuan joki (emang kita kuda.. hahahahaha)..  alangkah lucunya negeri ini…

cerminan ini menunjukkan bahwa saat ini untuk mencapai tujuan harus menghalalkan segala cara termasuk merobohkan nilai kejujuran tersebut. Namun kini kita, baik secara sadar maupun tidak sadar membiarkan tindak ketidak jujuran itu terjadi. coba lihat saja contoh kasus ibu Siamay yang berusaha mengungkapkan kejujuran, malah dikucilkan di masyarakat (apa gak salah???). orang yang mau memperjuangkan kejujuran,malah mendapat perlakuan buruk.  mungkin itu juga yang terjadi pada kasus hukum di Indonesia. banyak sebenarnya masalah mafia hukum yang bisa dituntaskan akan tetapi baik si pelaku, atau yang masih berstatus saksi enggan berbuat sejujurnya. mungkin mereka cari aman kali yaah karna banyak dapat ancaman. contohnya saja kasus Gayus,, seandainya dia mau jujur,,mungkin mafia hukum dan pajak bisa teratasi.

Ada apa yang tejadi sebnarnya di negeri ini??

seharusnya di negeri yang katanya menjunjung tinggi agama, budaya, norma dan hukum harus memberlakukan dengan tegak apa yang menjadi pegangannya. bangsa kita seakan kehilangan karakter. fungsi-fungsi pengontrol sosial sebagai pengendali sosial sekarang tidak berjalan lagi. masyarakat cenderung bersikap apatis. mungkin mereka sudah jenuh, bosan dengan melihat kebobrokan negara kita yang sudah berlangsung bertahun-tahun sehingga mereka santai-santai saja ketik survei Badan Transparency Internasional (TI) menetapkan Indonesia sebagai salah satu negara terkorup dunia.

memang agak susah untuk menghilangkan sifat buruk ini dari bangsa. tetapi masih ada harapan kok untuk Indonesia. semuanya ini dimulai dari perbaikan moral bangsa kita sendiri. mari kita mulai dengan gerakan “Mari Berbuat Jujur”…

mari kita terapkan gerakan ini mulai dari diri kita sendiri. menanamkan kesadaran klo tindak ketidakjujuran itu adalah seperti virus yang mematikan. apabila seseorang telah berbohong sekali,,maka selanjutnya dia akan berbohong lagi untuk menutupi kebohongannya. Jika sesorang sadar maka tentu saja orang tersebut akan berbuat jujur. Kejujuran berasal dari hati nurani dan tidak bisa dipaksakan. Jadi, mari kita latih hati nurani kita untuk berbuat jujur.

selain itu, mari kita fungsikan kembali peran kontrol sosial dan pengendalian sosial pada masyarakat. penegakan hukum mestinya harus berjalan dengan baik,, tidak memihak dalam artian adil dan jangan ada mafia peradilan lagi. sapa lagi yang bisa diharapkan masyarakat untuk menegakkan keadilan jika kalian para penegak hukum sudah tidak memihak pada kebenaran lagi. selain itu peran dunia pendidikan harus diperhatikan dalam upaya pembangunan karakter bangsa. salah satunya bagaimana membangun masyarakat yang jujur dan beradab.

semoga saja bangsa kita selamat dari bencana ketidakjujuran.

amiiin….

🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s